22 Juni, 2007

Mari renungkan

Begitu banyak kejadian bencana alam menimpa negeri kita akhir-akhir ini. Mulai dari tsunami, gunung meletus, gempa bumi, hingga luapan Lumpur panas. Sebenarnya apa yang tengah terjadi dengan negeri kita tercinta ini?
Baru-baru ibi aku melihat sebuah session acara di Metro TV, yang menayangkan gejala mau meletusnya sebuah gunung besar di Italia. Kalu tidak salah urutannya diawali dai terjadinya tsunami, ledakan-ledakan “kecil” dari beberapa “anak gunung”, gempa bumi yang susul menyusul, luapan Lumpur panas yang keluar dari perut bumi, sampai nanti terjadilah ledakan gunung yang sebenarnya yang besarnya berkali-kali lipat dari ledakan awal.
Saat itu pula aku langsung ingat akan kejadian yang tengah menimpa tanah ini. Bencana alam yang datang silih berganti di Indonesia, mulai dari tsunami, gunung meletus, gempa bumi, tanah longsor, hingga luapan Lumpur panas di berbagai daerah. Bukankah ini adalah tanda-tanda awal akan terjadinya sebuah ledakan besara suatu gunung? Tapi gunung mana? Ingat tidak? Bahwa Indonesia terletak diantara 2 lempengan gungung bawah tanah paling aktif di dunia? Bahwa di bawah kita terdapat begitu banyak gunung bawah laut yang masih aktif? Bukan tidak mungkin bahwa bencana alam yang tengah terjadi di Indonesia adalah tanda awal dari akan meledaknya gunung-gunung berapi dibawah kita. Wallahu ‘alam.
Sebagai orang islam aku yakin dan sangat percaya, bahwa Allah menciptakan manusia dengan akalnya adalah untuk menyadari tanda-tanda seperti ini. Ini adalah suatu teguran dari Sang Raja untuk hamba-hambanya. Hamba-hambanya yang telah begitu jauh menyimpang dari jalan yang lurus. Hamba-hambanya yang telah melupakan hakekat keberadannya di bumi ini.
Yah, inilah saatnya kita untuk kembali merenung, kembali instropeksi. Marilah kita kembali tengok kebelakang, apa yang telah kita lakukan selama ini?

Tidak ada komentar: